Home » , » Ini Daftar 10 Puncak Gunung Tertinggi Di Dunia

Ini Daftar 10 Puncak Gunung Tertinggi Di Dunia

Banyak orang yang mengatakan jika gunung merupakan pasak bumi. Artinya, gunung menjaga bumi ini agar tetap seimbang. Hampir di berbagai belahan dunia terdapat gunung, mulai dari yang paling pendek hingga yang paling tinggi.

Nah, kali ini kami akan mengulas daftar 10 puncak gunung tertinggi di dunia. Penentuan peringkat gunug tertinggi ini sebenarnya banyak menimbulkan perdebatan. Ada yang menghitungnya dari permukaan air laut dan ada juga yang menghitung dari dasar laut.

Selain itu, ada juga juga yang mencantumkan puncak-puncak gunung dari suatu pegunungan, dan ada juga yang hanya mengambil puncak tertingginya saja. Nah, agar tidak membingungkan, mari kita bahas satu persatu berdasarkan kategorinya tersebut.

Daftar Gunung Tertinggi di Dunia

Daftar pertama yang akan kita bahas adalah gunung tertinggi di dunia yang diukur dari permukaan laut. Gunung-gunung ini tersebar luas di berbagai belahan dunia. Berikut daftar lengkapnya:
  1. Mount Everest
Dengan ketinggian mencapai 8.848 meter, Mount Everst merupakan puncak gunung tertinggi yang ada di bumi. Gunung ini terletak di perbatasan antara Nepal dan Tiongkok. Mount Everst juga merupakan salah satu puncak tertinggi di pegunungan Himalaya.

Sejak jaman dahulu puncak gunung ini selalu menarik perhatian para pendaki dari berbagai penjuru dunia. Sudah tidak terhitung jumlah pendaki yang mencoba untuk menapakinya. Tidak sedikit pula dari mereka yang meninggal di tengah perjalanan.

gunung tertinggi di dunia mount everest

Pada tanggal 29 Mei 1953, dua orang pendaki berhasil menjadi yang pertama untuk menapaki atap dunia ini. Mereka adalah Sherpa Tenzing Norgay dari Nepal dan Edmund Percival Hillary dari Selandia Baru.
  1. Aconcagua
Aconcagua merupakan gunung tertinggi di kawasan Amerika Latin. Puncak tertinggi dari gunung ini berada pada 6.960 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu puncak tertinggi di pegunungan Andes. Pegunungan Andes sendiri terletak di Argentina atau lebih tepatnya 112 kilometer di sebelah utara kota Mendoza.
  1. Mount McKinley
Mount McKinley adalah gunung yang terletak di Alaska dan merupakan gunung tertinggi di kawasan Amerika Utara. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 6.194 meter di atas permukaan laut. Di Alaska sendiri gunung ini dikenal dengan nama Denali yang memiliki arti “yang tertinggi”.
  1. Kilimanjaro
kilimanjaro

Beralih ke kawasan Afrika di mana terdapat gunung setinggi 5.895 meter bernama Kilimanjaro. Gunung ini terletak di kawasan Kilimanjaro National Park, di negara Tanzania. Gunung api tidak aktif tertinggi di benua Afrika ini memiliki 3 buah kerucut volkanik yang cukup terkenal yakni Kibo, Mawenzi, dan Shira.
  1. Pico Cristóbal Colón
Pico Cristóbal Colón merupakan gunung kedua tertinggi yang terletak di wilayah Amerika Latin. Gunung ini terletak di negara Kolombia dengan puncak tertingginya berada pada kisaran 5.700 meter di atas permukaan laut.
  1. Mount Logan
mount logan

Mount Logan merupakan gunung tertinggi yang ada di Kanada. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 5.700 meter sehingga menjadikannya yang kedua tertinggi di Amerika Utara. Nama gunung ini sendiri diambil dari seorang geologist asal Kanada yang bernama Sir William Edmond Logan.
  1. Pico de Orizaba
Pico de Orizaba merupakan gunung bertipe stratovolcano tertinggi yang terletak di negara Meksiko. Puncak tertingginya berada pada kisaran 5.636 meter dan terletak di ujung timur dari pegunungan Trans-Mexican Volcanic Belt. Gunung ini juga menjadi perbatasan dari wilayah Veracruz dan Puebla. Masyarakat setempat biasanya menyebut gunung ini dengan nama Citlaltépetl.
  1. Vinson Massif
Meskipun seluruh wilayahnya ditutupi dengan es, namun Anatartika juga memiliki salah satu gunung tertinggi di dunia. Gunung tersebut bernama Vinson Massif yang terletak di pegunungan Ellsworth. Karena terletak di Antartika, maka seluruh permukaan gunung ini ditutupi oleh es, mulai dari ujung bawah hingga puncaknya.
  1. Puncak Jaya
puncak jaya

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Puncak Jaya. Ya, Puncak Jaya merupakan titik tertinggi yang ada di pegunungan Jayawijaya. Puncak yang juga sering disebut sebagai Carstensz Pyramid ini berada di ketinggian 4.884 meter dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia.
  1. Mount Elbrus
Mount Elbrus merupakan sebuah gunung api tidak aktif yang terletak di pegunungan Kaukasus, atau lebih tepatnya di perbatasan antara Russia dan Georgia. Gunung ini memiliki ketinggian 4.700 meter di atas permukaan laut sehingga menjadi gunung tertinggi di Eropa.

Gunung Tertinggi dari Dasar Laut

Dalam daftar di atas, Mount Everest menjadi gunung paling tinggi jika dihitung dari mulai permukaan laut. Namun jika kita menghitungnya dari dasar laut, maka gunung Mauna Kea yang terletak di Hawaii merupakan yang tertinggi.

mauna kea

Mauna Kea memiliki ketinggian 4.205 di atas permukaan laut, jauh lebih rendah dibandingkan dengan Mount Everest. Namun gunung Mauna Kea ini memiliki titik bawah di dasar laut sehingga jika digabungkan, maka tingginya mencapai 10.000 meter. Gunung ini juga menjadi satu-satunya lokasi bersalju di Hawaii.

Daftar Puncak Pegunungan Tertinggi

Himalaya dan Karakoram merupakan dua pegunungan tertinggi yang ada di dunia. Kedua pegunungan tersebut memiliki puncak-puncak tertinggi yang menjadi spot favorit bagi para pendaki gunung. Nah, berikut adalah daftar puncak tersebut beserta ketinggian dan lokasinya:
  1. Mount Everest
Lokasi: Nepal/Tibet

Ketinggian: 8.850 meter

Pendaki pertama: Edmund Hillary (Selandia Baru) dan Tenzing Norgay (Nepal) pada 29 Mei 1953
  1. K2 (Godwin Austen)
Lokasi: Pakistan/Tiongkok

Ketinggian: 8.611 meter

Penadaki pertama: A. Compagnoni dan L. Lacedelli (Italia) pada 31 Juli 1954
  1. Kangchenjunga
Lokasi: Nepal/India

Ketinggian: 8.586 meter

Pendaki pertama: G. Band, J. Brown, N. Hardie, dan S. Streather (Inggris) pada 25 Mei 1955
  1. Lhotse
Lokasi: Nepal/Tibet

Ketinggian: 8.516 meter

Pendaki pertama: F. Luchsinger, dan E. Reiss (Swiss) pada 18 Mei 1956
  1. Makalu
Lokasi: Nepal/Tibet

Ketinggian: 8.463 meter

Pendaki pertama: J. Couzy, L. Terray, J. Franco, G. Magnone-Gialtsen, J. Bouier, S. Coupé, P. Leroux, A. Vialatte (Perancis) pada 15 Mei 1955
  1. Cho Oyu
Lokasi: Nepal/Tibet

Ketinggian: 8.201 meter

Pendaki pertama: H. Tichy, S. Jöchler (Austria), dan Pasang Dawa Lama (Nepal) pada 19 Oktober 1954
  1. Dhaulagiri
Lokasi: Nepal

Ketinggian: 8.167 meter

Pendaki pertama: A. Schelbert, E. Forrer, K. Diemberger, P. Diener (Swiss), Nyima Dorji, Nawang Dorji (Nepal) pada 13 Mei 1960
  1. Manaslu
Lokasi: Nepal

Ketinggian: 8.163 meter

Pendaki pertama: T. Imamishi, K. Kato, M. Higeta (Jepang), G. Norbu (Nepal) pada 9 Mei 1956
  1. Nanga Parbat
Lokasi: Pakistan

Ketinggian: 8.125 meter

Pendaki pertama: Hermann Buhl (Austria) pada 3 Juli 1953
  1. Annapurna
Lokasi: Nepal

Ketinggian: 8.091 meter

Pendaki pertama: M. Herzog, L. Lachenal (Perancis) pada 3 Juni 1950

Seperti terlihat dari daftar di atas, berbagai puncak gunung tertinggi di dunia tersebut sudah semua berhasil ditaklukan. Rata-rata puncak tersebut ditaklukan pada tahun 50an. Nah, apakah Anda tertarik untuk mengikuti jejak mereka?

0 komentar:

Posting Komentar