Home » , » Sejarah Vespa PTS 90 SPECIAL dan P100 TS

Sejarah Vespa PTS 90 SPECIAL dan P100 TS

Apa itu Vespa PTS? Vespa PTS merupakan motor scooter yang dibuat oleh PT. Dan Motor Indonesia berkat lisensi dari Piaggio Italia. Tahukah anda bahwa Vespa PTS itu pertama kali debut-nya di tahun 1976. Merek Vespa tersebut dipandang cukup memberikan kesuksesan sehingga masa edarnya berakhir pada tahun 1984. PTS meluncur ke beberapa pasaran otomotif roda dua yang ada di negeri ini dengan bekal mesin 2 langkah yang memiliki kapasitas 90cc. Motor skuter ini ternyata memberikan target penjualan yang luar biasa dipasar motor otomotif pada waktu itu. Persaingan sepeda motor dengan kapasits itu memang tidak terlalu banyak seperti yang ada sekarang, soalnya hanya merek Yamaha dan Suzuki yang dapat memberikan persaingan tersebut terhadap Vespa.

Masih berbicara tentang mesin, mesin berkapasitas 88.5cc adalah mesin yang cukup baik pada tekhnologi saat itu. Teknologi 2 langkah dengan sistem pembakaran karburator Dell Orto 16 adalah tekhnologi yang diandalkan untuk pesta tersebut. Kapasitas tangki bahan bakar hanya berkapasitas 4.5 liter saja sehingga jika bejalan-jalan jauh anda  harus rela untuk bolak balik menuju tempat pengisian bahan bakar. Uniknya, tangkinya tersebut ternyata masih menyatu bersama dengan oli sampingnya yang mengandalkan fasilitas drum brake. Spesifikasi Vespa PTS 90 berikutnya dibekali dengan rangka sasis monocoque. Apakah anda tertarik untuk segera memiliki motor Vespa yang satu ini? Jangan terburu-buru, masih ada satu varian lagi yang akan dijelaskan pada postingan ini.

Apa varian motor Vespa yang dimaksud? Itu adalah varian Vespa PTS berkapasitas 100cc. Skuter ini sama dilincurkan juga oleh PT. Dan Motor Indonesia sebagai alternative pilihan bagi anda, sehingga tidak heran jika spesifikasi maupun desainnya hampir sama dengan varian sebalumnya. Anda dapat melihat perbedaan mencolok dari keduanya yaitu padadi bagaian kubikasi mesin yang lebih tinggi yaitu 99cc, sehingga anda dapat menembus batas kecepatan dari skuter tersebut sampai dengan 90 kph.

Apa yang Membedakan antara Keduanya
Sekilas anda bisa menerka bahwa kedua varian Vespa tersebut memang sama persis, hanya cc nya aja yang berbeda. Namun, lebih dari itu, anda bisa melihat perbedaan itu dari speedometernya. Varian PTS 90 hanya mencapai angka 80 kph, namun PTS 100 bisa mencapai angka 120 kph. Lebih dari itu, pada varian PTS 90, anda bisa menemukan emblem dengan tulisan Vespa Special pada bagaian belakang sebelah atas stop lamp, namun di varian PTS 100, itu bertuliskan 100 Special. Dari segi keluaran berdasarkan tahunnya pun dapat dibedakan. PTS yang dikeluarkan sebelum tahun 80-an ternyata menggunakan tutup kunci setang dengan desain bulat. Sementara itu, diatas tahun 80′an tutup setangnya didesain dengan bentuk lonjong. Jika anda memiliki kedua motor tersebut, mungkin anda bisa menambahkannya.

vespa vespa p100 ts, vespa p100 ts indonesia, vespa p100 ts antik, sejarah vespa p100 ts
picture : antiklasikunik.blogspot.com

vespa pts 90, vespa vespa pts 90 indonesia, sejarah vespa pts 90, vespa pts 90 antik
picture : antiklasikunik.blogspot.com

Kedua produk tersebut memang cukup menyita perhatian para penggemarnya sehingga sampai saat ini banyak yang masih mengelu-elukannya. Apakah anda termasuk salah seorang penggemar sejatinya? Apapun kekurangan dari motor unik tersebut yang katanya tidak ramah lingkungan, namun tetap saja varian-varian itu masih mendapatkan penggemar setia.

0 komentar:

Posting Komentar