Home » , , » AS Berencana Blokir Semua Produk buatan Apple

AS Berencana Blokir Semua Produk buatan Apple

Berita kurang sedap datang dari Negara Paman Sam yang rencananya akan memblokir penjualan semua perangkat besutan Apple, entah iPhone maupun iPad. Hal ini adalah buntut dari "kemarahan" yang panjang Pemerintah AS pada pihak Apple yang terkesan membangkang soal paten dan  pajak.

400 306 Ipad5933880614069477031

Pemblokiran iPhone dan iPad di negara asalnya memang akan sangat meresahkan sekaligus memalukan bila benar-benar terjadi.

Dilansir dari BBC News dengan adanya perintah Komisi Perdagangan Internasional AS (ITC) yang memerintahkan pemblokiran impor iPhone ke dalam negeri telah benar-benar terjadi pada bulan April lalu.
Dari kasus pelanggaran paten antara Samsung vs Apple, ITC menemukan bukti bahwa iPhone 3G/3GS/4 telah melanggar paten teknologi 3G milik Samsung. Dalam hal ini ITC telah memerintahkan pelarangan impor ketiga versi iPhone tersebut agar tidak diperdagangkan di dalam negeri AS.

Yang menarik, pihak operator selular terbesar di AS Verizon dikabarkan ada di pihak Apple agar iPhone bisa terus eksis di pasar dalam negeri AS. Pekan ini dikabarkan Verizon telah meminta Presiden Obama untuk campur tangan menengahi kasus Apple vs Samsung.

Dalam hal ini hak veto Obama adalah satu-satunya jalan keluar yang bisa membatalkan keputusan ITC.
Jika Veriz on berhasil membujuk Obama untuk memveto keputusan ITC maka ini akan menjadi sebuah catatan baru di AS. Perlu diketahui sudah 25 tahun sejak tahun 1987 tidak ada satupun presiden AS yang memveto keputusan ITC.

Adapun maksud tersembunyi Verizon membantu Apple tak lain karena dilatari produk-produk teknologi tinggi bisa mempengaruhi ribuan paten. Jika ITC mengatakan sebuah produk telah melanggar paten meski satu paten saja, hal itu bisa benar-benar menghentikan produk yang dimaksud dari akarnya.

Kerugian yang diderita konsumen yang dimaksud dalam kutipan di atas adalah karena tidak bisa lagi mendapatkan iPhone di pasaran dalam negeri AS, juga smartphone lain yang menggunakan paten teknologi serupa.

Dampaknya pasti sangat luas karena para operator hanya akan memiliki sedikit opsi produk mana saja yang bisa dijual. Dalam jangka panjang, pastinya penghasilan Verizon akan turut anjlok sebagai dampaknya.
Yang lebih buruk, keputusan ITC akan dipakai sebagai r eferensi atau rujukan di negara lain untuk turut memblokir penjualan iPhone. Karena itulah Verizon sangat berharap Obama bisa membantu Apple dengan hak vetonya.

Sumber: http://www.tabloidpulsa.co.id/news/9501-as-segera-blokir-semua-produk-apple

0 komentar:

Posting Komentar