Home » , » Sejarah Seorang Enzo Ferrari

Sejarah Seorang Enzo Ferrari

Enzo Ferrari kelahiran 18 Febuari 1898-14 Agutus 1988 di Modena, Italia memiliki seorang ayah yang bernama Antonio Ferrari. Ferrari meninggal pada tahun 1916 karena wabah flu yang saat itu melanda. Enzo Ferrari tumbuh dari keluarga seorang petani di pedesaan Itali. Sejak kecil Enzo suka dengan sesuatu yang berhubungan dengan listrik tetapi pada saat dia remaja ia sempat meminta izin pada ayahnya untuk ikut kelas sore pelajaran mesin, pada waktu itu ia tidak diizinkan tetapi akhirnya dizinkan juga.

Saat ia lulus sekolah mesin ia sempat bekerja di beberapa pabrik mobil. Sampai pada akhirnya ia memutuskan untuk membuat sendiri mobil yang menggunakan nama ia sendiri yaitu FERRARI lambang kuda jingkrak is dapat dari sebuah gambar pesawat tempur saat PD1. Awalnya ia membuat mobil sport dengan mesin depan seperti kebanyakan mobil sport lainnya, tetapi pada tahun 1961 mesin untuk FERRARI  mulai di tempatkan di bagian belakang.

Enzo Ferrari juga membuat anak perusahaan yang bernama Maserati, awalnya is bertanya pada ibu-nya nama apa yang cocok untuk anak perusahaannya dan ibu-nya menjawab bagaimana kalau Maserati. Awalnya nama Maserati tidak terkenal namun saat Enzo memakai nama itu, nama Maserati menjadi terkenal. Sejak awal mobil FERRARI selalu memenangkan perlombaan formula. Enzo memiliki seorang anak yang ia beri nama Afredino(Dino) Ferrari hasil pernikahannya dengan Laura. Pada suatu hari Dino meminta ayah-nya (Enzo) untuk dibuatkan mesin V6 2000cc untuk kejuaraan Formula 2, awalnya permintaan ini sangat berat bagi Enzo mengingat Enzo selalu menciptakan mesin diatas 3000cc dengan konfigurasi V12. Akhirnya permintaan anak tunggalnya itu dikabulkan dan Enzo menunjuk Engineer ternama yang bernama Vittorio Jano untuk membuatnya, tetapi sungguh disayangkan sebelum mesin itu selesai Dino sudah meninggal pada usia 24 tahun karena sakit.

Butuh waktu lama bagi Enzo untuk mengikhlaskan kepergiaan anak tunggalnya itu walaupun akhirnya mesin itu selesai dan mampu merajai Formula 2 dan akhirnya mesin dan mobil itu diproduksi massal dan laku keras yang diberi nama Ferrari Dino 206. 206 itu sendiri berarti mesin 2.0L dan konfigurasi V6. Pada suatu saat Enzo harus menjual setengah perusahaannya ke FORD karena masalah dana. pada usia yang sudah tua sekitar 70tahunan Enzo ditahan oleh kepolisian Perancis dan akhirnya para saudara Enzo dapat melepaskannya dengan membayar uang jaminan. Saat keluar dari penjara kondisi kesehatan Enzo sudah tidak fit lagi sampai akhirnya Enzo Ferrari meninggal pada usia 90tahun 1988. Dan sebagai bentuk atau tanda terima kasih kepada Enzo Ferrari, para engineer menjadi mobil FERRARI yang sangat kencang yang di beri nama ENZO FERRARI. Selama masa mudanya Enzo juga menjadi seorang pembalap Formula 1 dengan mobilnya dan dapat menjuarai seluruh kejuaraan. Sekarang diseluruh Dunia siapa yang tidak kenal dengan mobil FERRARI, kecepatanlah yang menjadi ciri khas dari mobil ini.

Sejarah Ferrari Dan Perkembangan Dari Masa Ke Masa


Scuderia Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada akhir tahun 1929 sebagai sponsor untuk beberapa pembalap amatir dalam berbagai balapan. Enzo sendiri, yang juga menjadi pembalap pada saat itu menggunakan mobil produksi Costruzioni Maccaniche Nazionali (CMN) dan Alfa Romeo sebagai alat balapannya. Ide pendirian tim Ferrari datang pada malam hari tanggal 16 November 1929 di kota Bologna, ketika Enzo saat itu bersantap malam bersama dua bersaudara Caniato (Augusto Caniato dan Alfredo Caniato), dan pembalap Mario Tadini. Mereka lantas memutuskan untuk membangun sebuah tim dengan mobil produksi Alfa Romeo. Enzo Ferrari lantas melanjutkan karier membalapnya dengan beragam kesuksesan sampai akhirnya putranya yang bernama Alfredo Ferrari (kemudian dikenal dengan nama Dino Ferrari) lahir pada tahun 1932. Pada tahun itu jugalah, tim Ferrari mencoba peruntungannya di ajang balapan besar dengan turun di ajang 24 Hours of Le Mans dengan mobil Alfa Romeo 8C 2300 Spiders yang berjumlah dua buah dan hasilnya cukup fantastis dengan raihan kemenangan 1-2.



Enzo Ferrari lantas menjadi manajer untuk beberapa pembalap dan juga menjadi pencari bibit-bibit baru pembalap muda dari kantornya di Viale Trento e Trieste, Modena, Italia, sampai 1938. Saat itu Alfa Romeo memutuskan untuk menarik Enzo sebagai manajer untuk divisi balapnya yang dinamakan Alfa Corse. Pada 1939 Enzo keluar dari Alfa sambil kemudian ia mendirikan perusahaan balapnya yang dinamakan Auto Avio Costruzioni Ferrari, dengan alat-alat bekas yang ia dapatkan dari perjanjian dirinya dengan Alfa dimana ia bisa mendapatkan sisa-sisa mobil Alfa Romeo yang tidak mengikuti balapan.

Selain menandatangani kontrak dengan Alfa, Ferrari juga bekerja sendiri untuk memperbesar tim balapnya, dimana Enzo lantas merancang the Tipo 815 (V8 1500cc) bersama Alberto Massimino, yang kemudian mobil ini dikenal sebagai mobil Ferrari pertama. Tetapi setelah Alberto Ascari dan Marchese Lotario Rangoni Machiavelli di Modena mengemudikan mobil tersebut dalam ajang 1940 Mille Miglia, Perang Dunia II memutus semua kegiatan balapan, dan mobil 815 terpaksa diistirahatkan. Ferrari lantas ganti haluan memproduksi alat-alat suku cadang mobil balap, dan pada 1943 Enzo memindahkan markasnya ke Maranello, dimana pada 1944 tempat tersebut sempat kejatuhan bom PD II.

Peraturan untuk Grand Prix World Championship berubah sejak perang usai. Dan hal ini membuat Ferrari harus membuat lagi mobil baru, yang kemudian dinamakan Tipo 125 (V12, 1500cc), yang kemudian berhasil memenangi beberapa balapan. Mobil ini memulai debut di GP Italia 1948 dengan pembalap Raymond Sommer, dan meraih kemenangan perdananya di Circuito di Garda bersama Giuseppe Farina. (Sumber Artikel : Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

1947
Ferrari telah membuat beberapa mobil yang paling diinginkan dalam sejarah otomotif. Tampilan mobil mereka telah berkembang selama bertahun-tahun, tetapi mereka selalu menjadi simbol kekuasaan, kekayaan, dan kecepatan.

Mobil pertama yang memakai lencana Ferrari adalah 125 S, yang memulai debutnya pada tahun 1947. Dengan fitur mesin V12 yang dikelola 118 tenaga kuda dan kecepatan tertinggi 130 mph.



1948-1949

Keberhasilan yang diraih 125 S menyebabkan lahirnya model lain yang disebut 166 S. Ini adalah model yang kemudian diubah menjadi Ferrari pertama grand touring (GT) mobil, Ferrari 166 Inter. Bermesin V12 mampu melaju hingga 90 hp dengan kecepatan tertinggi 93 mph.



1950
195 Inter dikembangkan dengan mesin yang lebih kuat serta lebih mudah untuk dikendarai daripada versi sebelumnya. Degan dua tempat duduk serta memiliki tenaga 130 hp dan kecepatan tertinggi 112 mph.



1951-1953
Pada tahun 1951, 212 dan 342 Inter Amerika diresmikan. Model 342 America (pada foto) mempunyai 4 bangku dengan tenaga 200 hp dan penanganan yan halus. Ferrari juga meluncurkan 250 Europa dan 375 Amerika pada tahun 1953.



1954-1956
Pada tahun 1954 lahirlah Ferrari 250 GT Coupe, tapi itu dikalahkan oleh 250 GT Berlinetta dan 410 Superamerica pada tahun 1956. Tampilan baru yang radikal dari Berlinetta (foto) dikemas dengan daya 240 hp dan kecepatan tertinggi 157 mph.



SUMBER:
SEJARAH FERRARI, DAN PERKEMBANGAN DARI MASA KE MASA (1929 - 1956)

1 komentar:

  1. Semakin sini ferrari terus membuat mobil-mobil yang semakin hebat saja.

    BalasHapus