Home » , » Kisah Rasulullah SAW Meluruskan Shaf

Kisah Rasulullah SAW Meluruskan Shaf



Dari Jabir bin Samurah  dia berkata: Nabi -alaihishshalatu wassalam- bersabda:
Tidakkah kalian berbaris sebagaimana malaikat berbaris di sisi Rabbnya?€ Maka kami berkata, €Wahai Rasulullah, bagaimana malaikat berbaris di sisi Rabbnya?€ Beliau bersabda, Mereka menyempurnakan shaf-shaf pertama & mereka rapat dlm shaf.€ (HR. Muslim no. 430)

Dari Abu Masud -radhiallahu Taala anhu- dia berkata:
Dahulu Rasulullah shallallahu €˜alaihi wasallam men gusap pundak kami ketika akan shalat seraya bersabda, Luruskanlah, & jangan berselisih sehingga hati kalian bisa berselisih. Hendaklah yang tepat di belakangku adalah orang yang dewasa yang memiliki kecerdasan & orang yang sudah berakal di antara kalian, kemudian orang yang sesudah mereka, kemudian orang yang sesudah mereka.€ (HR. Muslim no. 432)

Dari Anas bin Malik -radhiallahu Taala anhu- dari Nabi -alaihishshalatu wassalam- beliau bersabda:
Luruskan shaf-shaf kalian, karena sesungguhnya meluruskan shaf termasuk kesempurnaan sholat€. (HR. Muslim no. 433)

Dari sahabat Numan bin Basyir -radhiallahu anhu- berkata:
€œDulu Rasulullah -Shallallahu €˜alaihi wasallam- meluruskan shaf kami sehingga seakan beliau meluruskan anak panah (ketika diruncingkan,pen), sampai beliau menganggap kami telah memahaminya. Beliau pernah keluar pada suatu hari, lalu beliau berdiri sampai beliau hampir bertakbir, maka tiba-tiba beliau meliha t seseorang yang membusungkan dadanya dari shaf. Maka beliau bersabda, Wahai para hamba Allah, kalian akan benar-benar akan meluruskan shaf kalian atau Allah akan membuat wajah-wajah kalian berselisih.€ (HR.Muslim no. 436)

Anas bin Malik -radhiallahu Taala anhu- bercerita, Sholat telah didirikan (telah dikumandangkan iqomah), lalu Rasulullah -Shallallahu €˜alaihi wasallam- menghadapkan wajahnya kepada kami seraya bersabda: €œTegakkanlah shaf-shaf kalian & rapatkan karena sesungguhnya aku bisa melihat kalian dari  balik punggungku€. (HR. Al-Bukhari no. 719)

0 komentar:

Posting Komentar